31/05/11

Super Fudgy Brownies


brownies panggang yg nyoklat abiiisss....
resepnya Martha Stewart yg ku intip dari mbak ricke...

Bahan:
120 gram butter
130 gram tepung protein sedang
30 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
225 gr dark cooking chocolate, potong-potong
280 gr gula pasir
3 butir telur ukuran besar

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Olesi dengan butter loyang persegi. Alasi dengan kertas roti, lebihkan atasnya sekitar 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Olesi lagi kertas roti dengan butter. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate (sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas). Aduk rata sampai lembut dan licin. Angkat dari panas api. Masukkan gula pasir. Aduk rata dengan mixer kecepatan rendah. Masukkan telur. Aduk rata lagi. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan overmix (diaduk berlebihan)!
4. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Panggang dalam oven sampai matang (tes tusuk sudah bersih dan hanya ada sedikit butiran yang menempel tapi tidak basah), sekitar 50-60 menit. Permukaan akan terbentuk 'shiny crust' khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.
5. Keluarkan dari oven. Diamkan dalam loyang/pan selama 30 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper. Biarkan masih dengan kertas roti dinginkan di atas rak kawat (cooling rack) sampai benar-benar dingin. Setelah dingin potong-potong dengan menggunakan pisau tajam yang telah diolesi sedikit minyak (agar saat dipotong tidak lengket dan hasilnya rapi). Bila disimpan dalam toples kedap udara (airtight container) akan tahan 2-3 hari.

Tidak ada komentar: